BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Kata teknologi sering dipahami oleh orang
awam sebagai sesuatu yang berupa mesin
atau hal – hal yang berkaitan dengan permesinan, namun sesungguhnya teknologi pendidikan atau pembelajaran memiliki makna yang lebih luas, karena teknologi pembelajaran merupakan perpaduan dari unsur manusia, belajar mengajar, ide, prosedur, dan pengelolaannya .
atau hal – hal yang berkaitan dengan permesinan, namun sesungguhnya teknologi pendidikan atau pembelajaran memiliki makna yang lebih luas, karena teknologi pembelajaran merupakan perpaduan dari unsur manusia, belajar mengajar, ide, prosedur, dan pengelolaannya .
Kemudian pengertian tersebut akan lebih jelas
dengan pengertian bahwa pada hakikatnya teknologi pembelajaran adalah penerapan
dari ilmu atau pengetahuan lain yang terorganisir ke dalam tugas - tugas
praktis.
Keberadaan teknologi harus dimaknai sebagai
upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dan teknologi tidak dapat
dipisahkan dari masalah, sebab teknologi lahir dan dikembangkan untuk
memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh manusia. Berkaitan dengan hal
tersebut, maka teknologi pendidikan juga dapat dipandang sebagai suatu produk
dan proses. Adapun teknologi pembelajaran yang sering digunakan yaitu seperti
proyektor ataupun infocus.
Dalam
hal ini teknologi pembelajaran bisa kaitkan dengan berbagai macam teknologi
yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan
untuk menganalisis masalah, mencari jalan untuk mengatasi permasalahan,
melaksanakan, menilai, dan mengelola pemecahan masalah tersebut yang mencakup
semua aspek belajar mengajar manusia. Sejalan dengan hal tersebut, maka
lahirnya teknologi pendidikan ataupun pembelajaran lahir dari adanya
permasalahan dalam pembelajaran. Permasalahan pendidikan atau pembelajaran yang
mencuat saat ini, meliputi aspek teknologi yang di mana kesempatan memperoleh
pendidikan, peningkatan mutu/ kualitas, relevansi, dan efisiensi dalam
pembelajaran maupun pendidikan.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan pada uraian latar belakang
masalah tersebut di atas, maka dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.
Apa yang dimaksud dengan Historis ?
2.
Apa Pengertian Teknologi Pembelajaran ?
3.
Apa saja Prinsip-prinsip Perkembangan Pembelajaran ?
4.
Apa saja Ciri-Ciri Perkembangan Teknologi
Pembelajaran ?
5.
Apa Manfaat Landasan Perkembangan Teknologi Pembelajaran ?
C. Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah yang disampaikan
di atas, adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.
Untuk mengetahui Pengertian Historis
2.
Untuk mengetahui Pengertian Teknologi Pembelajaran
3.
Untuk mengetahui Prinsip-Prinsip Perkembangan
Pembelajaran
4.
Untuk mengetahui Ciri-Ciri Perkembangan Teknologi
Perkembangan
5.
Untuk mengetahui Manfaat Landasan Perkembangan Teknologi
Pembelajaran
D. Manfaat Penulisan
Hasil dari penulisan makalah ini diharapkan
dapat memberikan manfaat pada semua pihak, untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang Landasan Historis
Perkembangan Teknologi Pembelajaran, serta diharapkan sebagai acuan dalam
pembelajaran mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran.
E. Sistematika Penulisan.
Adapun sistematika penulisan dalam isi
makalah ini terdiri dari empat bab, yaitu:
BAB I PENDAHULUAN
|
:
|
Dalam bab ini berisi tentang A.
Latar Belakang Masalah; B. Rumusan Masalah; C. Tujuan Penulisan; D. Manfaat
Penulisan; dan E. Sistematika Penulisan
|
BAB II KAJIAN
PUSTAKA
|
:
|
A.
Dalam bab ini mengemukakan tentang Pengertian Historis
B.
Pengertian Teknologi Pembelajaran
C.
Prinsip-prinsip Perkembangan Pembelajaran
D.
Ciri-Ciri Perkembangan Teknologi
Pembelajaran
E.
Landasan Perkembangan Teknologi Pembelajaran
|
BAB IV PENUTUP
|
:
|
Bab ini berisi tentang A.
Kesimpulan dan B. Saran
|
DAFTAR PUSTAKA
|
|
|
|
|
|
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Historis
Sejarah/historis
adalah keadaan masa lampau dengan segala macam kejadian atau kegiatan yang
didasari oleh konsep-konsep tertentu. Sejarah penuh dengan informasi-informasi
yang mengandung kejadian, model, konsep, teori, praktik, moral, cita-cita,
bentuk dan sebagainya (Pidarta, 2007: 109).
Sejarah menjadi
sebuah acuan untuk mengembangkan suatu kegiatan atau kebijakan pada saat ini.
Mempelajari sejarah sangatlah penting karena dengan mempelajari sejarah manusia
memperoleh banyak informasi dan manfaat sehingga menjadi lebih arif dan bijaksana
dalam menentukan sebuah kebijakan dimasa yang akan datang.
Sedangkan pendidikan
adalah sebuah proses yang arif, terencana dan berkesinambungan guna mendorong
atau memotivasi peserta didik dalam mengembangkan potensinya. Maka
dari itu, yang dimaksud dengan landasan historis pendidikan
adalah sejarah yang menjelaskan dasar-dasar pendidikan di masa lalu yang
menjadi acuan terhadap pengembangan pendidikan di masa kini.
B. Pengertian Teknologi Pembelajaran
Teknologi adalah sebuah pengetahuan yang ditujukan untuk
menciptakan alat, tindakan pengolahan dan ekstraksi benda. Istilah
"teknologi" telah dikenal secara luas dan setiap orang memiliki cara
mereka sendiri memahami pengertian teknologi. Teknologi digunakan untuk
menyelesaikan berbagai permasalahan dalam kehidupan kita sehari-hari, secara
singkat; kita bisa menggambarkan teknologi sebagai produk, proses, atau
organisasi. Selain itu, teknologi digunakan untuk memperluas kemampuan kita,
dan yang membuat orang-orang sebagai bagian paling penting dari setiap sistem
teknologi.
Pengertian pembelajaran
adalah proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar.
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber
belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang
diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan,
penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada
peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta
didik agar dapat belajar dengan baik.
Teknologi Pembelajaran adalah pengembangan (penelitian,
disain, produksi, evaluasi, penunjang, dan pelengkap, pemanfaatan) dari
komponen sistem pembelajaran (pesan, orang, bahan media, peralatan, teknik,
latar/setting) dan pengelolaan pengembangan (organisasi, personal) dalam proses
secara sistematik dengan tujuan untuk memecahkan masalah pendidikan (Kenneth
Silber, 1970).
Teknologi Pembelajaran adalah teori dan praktek dalam desain
pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan serta evaluasi proses dan sumber untuk
belajar. Mereka yang setuju dengan istilah teknologi pembelajaran mempunyai dua
pendapat. Pertama, karena kata pembelajaran lebih sesuai dengan fungsi
teknologi. Kedua, karena kata pendidikan lebih sesuai untuk hal-hal yang
berhubungan dengan sekolah atau lingkungan pendidikan. Mereka yang setuju
dengan istilah teknologi pendidikan berdalih bahwa karena pembelajaran
(instruction) dianggap oleh banyak orang sebagai bagian dari pendidikan, maka
sebaiknya dipakai istilah yang memberikan cakupan yang lebih luas. Istilah
teknologi pendidikan lebih lazim digunakan di Inggris dan Kanada, sedangkan
teknologi pembelajaran saat ini lebih banyak digunakan di Amerika Serikat.
C.
Prinsip-prinsip Perkembangan
Pembelajaran
Adapun
prinsip dari perkembangan Pemberlajaran memiliki beberapa prinsip yang
dijelaskan sebagai berikut:
1. Berorientasi
pada tujuan pembelajaran
Dalam mengembangkan
pembelajaran berbasis komputer harus berorientasi pada tujuan pembelajaran baik
kepada standar kompetisi, kompetensi dasar, dan indikator yang harus dicapai
pada setiap kegiatan pembelajaran.
2. Berorientasi
pada pembelajaran individual
Dalam pelaksanaan
pembelajaran berbasis komputer dilakukan secara individual oleh masing-masing
siswa dilaboraturium komputer.
3. Berorientasi
pada pembelajaran mandiri
Pembelajaran
berbasis komputer bersifat individual, sehingga menuntut pembelajaran
secara mandiri.
4. Berorientasi
pada pembelajaran tuntas
Keunggulan
pembelajaran berbasis komputer adalah penerapan prinsip belajar tuntas
atau mastery learning.
D.
Ciri-Ciri Perkembangan Teknologi Pembelajaran menurut Sugandi, dkk (2000:25)
1.
Pembelajaran
dilakukan secara sadar dan direncanakan secara sistematis
2.
Pembelajaran dapat menumbuhkan perhatian dan motivasi
siswa dalam belajar
3.
Pembelajaran dapat menyediakan bahan belajar yang
menarik dan menantang bagi siswa
4.
Pembelajaran dapat menggunakan alat bantu belajar yang
tepat dan menarik
5.
Pembelajaran
dapat menciptakan suasana belajar yang aman dan menyenangkan bagi siswa;
6.
Pembelajaran
dapat membuat siswa siap menerima pelajaran baik secara fisik maupun
psikologis.
E.
Manfaat Landasan Perkembangan
Teknologi Pembelajaran
Semakin sadarnya orang akan
pentingnya media yang membantu pembelajaran sudah mulai dirasakan. Pengelolaan alat
bantu pembelajaran sudah sangat dibutuhkan. Bahkan pertumbuhan ini bersifat
gradual. Metamorfosis dari perpustakaan yang menekankan pada penyediaan media
cetak, menjadi penyediaan-permintaan dan pemberian layanan secara multi-sensori
dari beragamnya kemampuan individu untuk menyerap informasi, menjadikan
pelayanan yang diberikan mutlak wajib bervariatif dan secara luas. Selain itu,dengan semakin meluasnya kemajuan di bidang
komunikasi dan teknologi, serta diketemukannya dinamika proses belajar, maka
pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran semakin menuntut dan memperoleh
media pendidikan yang bervariasi secara luas pula.
Dalam pelaksanaan kegiatan
sehari- hari, guru dan pelajar membutuhkan alat-alat pelajaran. Alat
pelajaran adalah yang di pakai untuk di kelas. misalnya papan tulis, spidol,
dan melihat perkembangan zaman di dunia modern ini, guru dituntut lebih kreatif
menggunakan media yang lebih efektif dalam pembelajaran seperti TV, radio,
komputer, internet, proyektor, dan lain sebagainya.
Mengenai manfaat teknologi
pembelajaran PAI sangatlah banyak dan hal ini tergantung dari siapa yang
memanfaatkannya. Berikut adalah beberapa manfaat dari teknologi
pembelajaran bagi pendidik dan peserta didik:
1.
Manfaat bagi Pendidik
a.
Pendidik
dapat lebih memudahkan tercapainya tujuan pendidikan.
b.
Pendidik
dapat mempermudah desain pembelajaran.
c.
Pendidik
dapat menunjang metode pembelajaran.
d.
Pendidik
dapat lebih meningkatkan efektifitas Pembelajaran.
e.
Pendidik
lebih mudah menyampaikan materi pembelajaran.
f.
Pendidik
dapat mengefisiensikan waktu.
g.
Dapat
menjadi daya dukung pengajaran seorang pendidik.
2. Manfaat bagi Peserta Didik
a. Peserta didik menerima materi pembelajaran dengan
senang.
b. Peserta didik dapat mempresentasikan apa yang mereka
ketahui.
c. Peserta didik lebih bisa berekspresi dalam proses
pembelajaran.
d. Peserta didik tidak bosan dengan cara penyampaian
materi pembelajaran secara verbal.
e. Peserta didik dapat lebih cepat menyerap materi
pelajaran yang diberikan oleh pendidik.
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari pembahasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa:
1. Sejarah/historis adalah keadaan masa lampau dengan
segala macam kejadian atau kegiatan yang didasari oleh konsep-konsep tertentu mengajar, yang
berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan pembelajaran.
2. Teknologi Pembelajaran
adalah teori dan praktek dalam desain pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan
serta evaluasi proses dan sumber untuk belajar
3. Prinsip-prinsip Perkembangan Pembelajaran : Berorientasi
pada tujuan pembelajaran, Berorientasi
pada pembelajaran individual, Berorientasi
pada pembelajaran mandiri, dan
Berorientasi pada pembelajaran tuntas.
4. Ciri-Ciri Perkembangan
Teknologi Pembelajaran : Pembelajaran dilakukan secara sadar dan direncanakan
secara sistematis, Pembelajaran dapat menumbuhkan perhatian dan motivasi siswa
dalam belajar, Pembelajaran dapat menyediakan bahan belajar yang
menarik dan menantang bagi siswa, Pembelajaran dapat
menggunakan alat bantu belajar yang tepat dan menarik, Pembelajaran dapat menciptakan suasana belajar yang
aman dan menyenangkan bagi siswa, Pembelajaran
dapat membuat siswa siap menerima pelajaran baik secara fisik maupun
psikologis.
5. Manfaat Landasan Perkembangan
Teknologi Pembelajaran :
Manfaat bagi Pendidik: Pendidik dapat lebih memudahkan tercapainya tujuan
Pendidikan, Pendidik dapat mempermudah desain pembelajaran, Pendidik dapat menunjang metode pembelajaran, dll.
Manfaat bagi Peserta Didik: Peserta didik menerima materi pembelajaran dengan
senang, Peserta didik dapat mempresentasikan apa yang mereka
ketahui, Peserta didik lebih bisa berekspresi dalam proses
pembelajaran, dll.
B.
Saran
Kami
menyadari dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan.
Kami tetap berharap makalah ini
tetap memeberikan manfaat bagi pembaca.
Namun, saran dan kritik yang
sifatnya membangun dengan tangan terbuka kami
terima demi kesempurnaan makalah
dimasa yang akan datang.
DAFTAR PUSTAKA
http://komandobisnis.blogspot.com/2016/04/pengembangan-teknologi-pembelajaran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar