Kamis, 04 Oktober 2018

Landasan Histories Perkembangan Teknologi Pembelajaran


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Kata teknologi sering dipahami oleh orang awam sebagai sesuatu yang berupa mesin
atau hal – hal yang berkaitan dengan permesinan, namun sesungguhnya teknologi pendidikan atau pembelajaran memiliki makna yang lebih luas, karena teknologi pembelajaran merupakan perpaduan dari unsur manusia, belajar mengajar, ide, prosedur, dan pengelolaannya .
Kemudian pengertian tersebut akan lebih jelas dengan pengertian bahwa pada hakikatnya teknologi pembelajaran adalah penerapan dari ilmu atau pengetahuan lain yang terorganisir ke dalam tugas - tugas praktis.
Keberadaan teknologi harus dimaknai sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dan teknologi tidak dapat dipisahkan dari masalah, sebab teknologi lahir dan dikembangkan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh manusia. Berkaitan dengan hal tersebut, maka teknologi pendidikan juga dapat dipandang sebagai suatu produk dan proses. Adapun teknologi pembelajaran yang sering digunakan yaitu seperti proyektor ataupun infocus.
     Dalam hal ini teknologi pembelajaran bisa kaitkan dengan berbagai macam teknologi yang kompleks dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan untuk menganalisis masalah, mencari jalan untuk mengatasi permasalahan, melaksanakan, menilai, dan mengelola pemecahan masalah tersebut yang mencakup semua aspek belajar mengajar manusia. Sejalan dengan hal tersebut, maka lahirnya teknologi pendidikan ataupun pembelajaran lahir dari adanya permasalahan dalam pembelajaran. Permasalahan pendidikan atau pembelajaran yang mencuat saat ini, meliputi aspek teknologi yang di mana kesempatan memperoleh pendidikan, peningkatan mutu/ kualitas, relevansi, dan efisiensi dalam pembelajaran maupun pendidikan.


B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan pada uraian latar belakang masalah tersebut di atas, maka dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.         Apa yang dimaksud dengan Historis ? 
2.        Apa Pengertian Teknologi Pembelajaran ?
3.        Apa saja Prinsip-prinsip Perkembangan Pembelajaran ?
4.        Apa saja Ciri-Ciri Perkembangan Teknologi  Pembelajaran ?
5.        Apa Manfaat Landasan Perkembangan Teknologi Pembelajaran ?

C.      Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah yang disampaikan di atas, adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.        Untuk mengetahui Pengertian Historis
2.        Untuk mengetahui Pengertian Teknologi Pembelajaran
3.        Untuk mengetahui Prinsip-Prinsip Perkembangan Pembelajaran
4.        Untuk mengetahui Ciri-Ciri Perkembangan Teknologi Perkembangan
5.        Untuk mengetahui Manfaat Landasan Perkembangan Teknologi Pembelajaran

D.      Manfaat Penulisan
Hasil dari penulisan makalah ini diharapkan dapat memberikan manfaat pada semua pihak, untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang Landasan Historis Perkembangan Teknologi Pembelajaran, serta diharapkan sebagai acuan dalam pembelajaran mata kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran.

E.       Sistematika Penulisan.
Adapun sistematika penulisan dalam isi makalah ini terdiri dari empat bab, yaitu:
BAB I PENDAHULUAN
:
Dalam bab ini berisi tentang A. Latar Belakang Masalah; B. Rumusan Masalah; C. Tujuan Penulisan; D. Manfaat Penulisan; dan E. Sistematika Penulisan
BAB II KAJIAN PUSTAKA
:
A.      Dalam bab ini mengemukakan tentang Pengertian Historis
B.      Pengertian Teknologi Pembelajaran
C.      Prinsip-prinsip Perkembangan Pembelajaran
D.      Ciri-Ciri Perkembangan Teknologi  Pembelajaran
E.       Landasan Perkembangan Teknologi Pembelajaran

BAB IV PENUTUP
:
Bab ini berisi tentang A. Kesimpulan dan B. Saran
DAFTAR PUSTAKA






BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pengertian Historis
Sejarah/historis adalah keadaan masa lampau dengan segala macam kejadian atau kegiatan yang didasari oleh konsep-konsep tertentu. Sejarah penuh dengan informasi-informasi yang mengandung kejadian, model, konsep, teori, praktik, moral, cita-cita, bentuk dan sebagainya (Pidarta, 2007: 109).
Sejarah menjadi sebuah acuan untuk mengembangkan suatu kegiatan atau kebijakan pada saat ini. Mempelajari sejarah sangatlah penting karena dengan mempelajari sejarah manusia memperoleh banyak informasi dan manfaat sehingga menjadi lebih arif dan bijaksana dalam menentukan sebuah kebijakan dimasa yang akan datang.
Sedangkan pendidikan adalah sebuah proses yang arif, terencana dan berkesinambungan guna mendorong atau memotivasi peserta didik dalam mengembangkan  potensinya. Maka dari itu, yang dimaksud dengan landasan historis pendidikan adalah sejarah yang menjelaskan dasar-dasar pendidikan di masa lalu yang menjadi acuan terhadap pengembangan pendidikan di masa kini.

B.       Pengertian Teknologi Pembelajaran
Teknologi adalah sebuah pengetahuan yang ditujukan untuk menciptakan alat, tindakan pengolahan dan ekstraksi benda. Istilah "teknologi" telah dikenal secara luas dan setiap orang memiliki cara mereka sendiri memahami pengertian teknologi. Teknologi digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam kehidupan kita sehari-hari, secara singkat; kita bisa menggambarkan teknologi sebagai produk, proses, atau organisasi. Selain itu, teknologi digunakan untuk memperluas kemampuan kita, dan yang membuat orang-orang sebagai bagian paling penting dari setiap sistem teknologi.
Pengertian pembelajaran adalah proses, cara, perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
Teknologi Pembelajaran adalah pengembangan (penelitian, disain, produksi, evaluasi, penunjang, dan pelengkap, pemanfaatan) dari komponen sistem pembelajaran (pesan, orang, bahan media, peralatan, teknik, latar/setting) dan pengelolaan pengembangan (organisasi, personal) dalam proses secara sistematik dengan tujuan untuk memecahkan masalah pendidikan (Kenneth Silber, 1970).
Teknologi Pembelajaran adalah teori dan praktek dalam desain pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan serta evaluasi proses dan sumber untuk belajar. Mereka yang setuju dengan istilah teknologi pembelajaran mempunyai dua pendapat. Pertama, karena kata pembelajaran lebih sesuai dengan fungsi teknologi. Kedua, karena kata pendidikan lebih sesuai untuk hal-hal yang berhubungan dengan sekolah atau lingkungan pendidikan. Mereka yang setuju dengan istilah teknologi pendidikan berdalih bahwa karena pembelajaran (instruction) dianggap oleh banyak orang sebagai bagian dari pendidikan, maka sebaiknya dipakai istilah yang memberikan cakupan yang lebih luas. Istilah teknologi pendidikan lebih lazim digunakan di Inggris dan Kanada, sedangkan teknologi pembelajaran saat ini lebih banyak digunakan di Amerika Serikat.

C.      Prinsip-prinsip Perkembangan Pembelajaran
Adapun prinsip dari perkembangan Pemberlajaran memiliki beberapa prinsip yang dijelaskan sebagai berikut:
1.    Berorientasi pada tujuan pembelajaran
Dalam mengembangkan pembelajaran berbasis komputer harus berorientasi pada tujuan pembelajaran baik kepada standar kompetisi, kompetensi dasar, dan indikator yang harus dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
2.    Berorientasi pada pembelajaran individual
Dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis komputer dilakukan secara individual oleh masing-masing siswa dilaboraturium komputer.
3.    Berorientasi pada pembelajaran mandiri
Pembelajaran berbasis komputer bersifat individual, sehingga menuntut pembelajaran secara mandiri.
4.    Berorientasi pada pembelajaran tuntas
Keunggulan pembelajaran berbasis komputer adalah penerapan prinsip belajar tuntas atau mastery learning.

D.      Ciri-Ciri Perkembangan Teknologi  Pembelajaran menurut Sugandi, dkk (2000:25)
1.         Pembelajaran dilakukan secara sadar dan direncanakan secara sistematis
2.         Pembelajaran dapat menumbuhkan perhatian dan motivasi siswa dalam belajar
3.         Pembelajaran dapat menyediakan bahan belajar yang menarik dan menantang bagi siswa
4.         Pembelajaran dapat menggunakan alat bantu belajar yang tepat dan menarik
5.         Pembelajaran dapat menciptakan suasana belajar yang aman dan menyenangkan bagi siswa;
6.         Pembelajaran dapat membuat siswa siap menerima pelajaran baik secara fisik maupun psikologis.

E.       Manfaat Landasan Perkembangan Teknologi Pembelajaran
Semakin sadarnya orang akan pentingnya media yang membantu pembelajaran sudah mulai dirasakan. Pengelolaan alat bantu pembelajaran sudah sangat dibutuhkan. Bahkan pertumbuhan ini bersifat gradual. Metamorfosis dari perpustakaan yang menekankan pada penyediaan media cetak, menjadi penyediaan-permintaan dan pemberian layanan secara multi-sensori dari beragamnya kemampuan individu untuk menyerap informasi, menjadikan pelayanan yang diberikan mutlak wajib bervariatif dan secara luas. Selain itu,dengan semakin meluasnya kemajuan di bidang komunikasi dan teknologi, serta diketemukannya dinamika proses belajar, maka pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran semakin menuntut dan memperoleh media pendidikan yang bervariasi secara luas pula.
Dalam pelaksanaan kegiatan sehari- hari,  guru dan pelajar membutuhkan alat-alat pelajaran. Alat pelajaran adalah yang di pakai untuk di kelas. misalnya papan tulis, spidol, dan melihat perkembangan zaman di dunia modern ini, guru dituntut lebih kreatif menggunakan media yang lebih efektif dalam pembelajaran seperti TV, radio, komputer, internet, proyektor, dan lain sebagainya.
Mengenai manfaat teknologi pembelajaran PAI sangatlah banyak dan hal ini tergantung dari siapa yang memanfaatkannya. Berikut adalah beberapa manfaat dari teknologi pembelajaran bagi pendidik dan peserta didik:
1.         Manfaat bagi Pendidik
a.         Pendidik dapat lebih memudahkan tercapainya tujuan pendidikan.
b.        Pendidik dapat mempermudah desain pembelajaran.
c.         Pendidik dapat menunjang metode pembelajaran.
d.        Pendidik dapat lebih meningkatkan efektifitas Pembelajaran.
e.         Pendidik lebih mudah menyampaikan materi pembelajaran.
f.          Pendidik dapat mengefisiensikan waktu.
g.        Dapat menjadi daya dukung pengajaran seorang pendidik.
2.      Manfaat bagi Peserta Didik
a.      Peserta didik menerima materi pembelajaran dengan senang.
b.      Peserta didik dapat mempresentasikan apa yang mereka ketahui.
c.      Peserta didik lebih bisa berekspresi dalam proses pembelajaran.
d.      Peserta didik tidak bosan dengan cara penyampaian materi pembelajaran secara    verbal.
e.      Peserta didik dapat lebih cepat menyerap materi pelajaran yang diberikan oleh  pendidik.





BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Dari pembahasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa:
1.      Sejarah/historis adalah keadaan masa lampau dengan segala macam kejadian atau kegiatan yang didasari oleh konsep-konsep tertentu mengajar, yang berfungsi sebagai alat untuk mencapai tujuan pembelajaran.
2.      Teknologi Pembelajaran adalah teori dan praktek dalam desain pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan serta evaluasi proses dan sumber untuk belajar
3.      Prinsip-prinsip Perkembangan Pembelajaran : Berorientasi pada tujuan pembelajaran, Berorientasi pada pembelajaran individual, Berorientasi pada pembelajaran mandiri, dan Berorientasi pada pembelajaran tuntas.
4.      Ciri-Ciri Perkembangan Teknologi  Pembelajaran : Pembelajaran dilakukan secara sadar dan direncanakan secara sistematis, Pembelajaran dapat menumbuhkan perhatian dan motivasi siswa dalam belajar, Pembelajaran dapat menyediakan bahan belajar yang menarik dan menantang bagi siswa, Pembelajaran dapat menggunakan alat bantu belajar yang tepat dan menarik, Pembelajaran dapat menciptakan suasana belajar yang aman dan menyenangkan bagi siswa, Pembelajaran dapat membuat siswa siap menerima pelajaran baik secara fisik maupun psikologis.
5.      Manfaat Landasan Perkembangan Teknologi Pembelajaran :
Manfaat bagi Pendidik: Pendidik dapat lebih memudahkan tercapainya tujuan Pendidikan, Pendidik dapat mempermudah desain pembelajaran, Pendidik dapat menunjang metode pembelajaran, dll.
Manfaat bagi Peserta Didik: Peserta didik menerima materi pembelajaran dengan senang, Peserta didik dapat mempresentasikan apa yang mereka ketahui, Peserta didik lebih bisa berekspresi dalam proses pembelajaran, dll.


B.     Saran
Kami menyadari dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan.
Kami tetap berharap makalah ini tetap memeberikan manfaat bagi pembaca.
Namun, saran dan kritik yang sifatnya membangun dengan tangan terbuka kami
terima demi kesempurnaan makalah dimasa yang akan datang.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar